Berita

HKG PKK KB Kesehatan Kecamatan Lintau Buo Utara

Program KB Tanah Datar Sukses Sejak Tahun 70 an

Jumat, 15 Desember 2017 | 09:14:29 WIB | Seremonial
Program KB Tanah Datar Sukses Sejak Tahun 70 an

Tanah Datar - Kabupaten Tanah Datar ternyata sejak tahun 70 an sudah banyak mengukir prestasi dan berhasil dalam berbagai program serta pembangunan daerah. Ini tidak hanya di tingkat Provinsi Sumatera Barat saja namun sudah mencapai ke tingkat Nasional, salah satunya program Keluarga Berencana (KB) dan kecilnya angka kematian ibu melahirkan. 

Hal itu disampaikan ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno pada saat Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK-KB Kesehatan di Nagari Balai Tangah Kecamatan Lintau Buo Utara, Kamis (14/12).

Pada saat HKG-KB Kes Tahun 2017 tersebut juga dilakukan penilaian terhadap PKK Nagari Balai Tangah yang mewakili Tanah Datar ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Tim penilaian yang diketuai langsung Ny. Nevi Irwan Prayitno bersama tiga orang anggota tim lakukan penilaian terhadap 10 program pokok PKK, mulai dari tertib administrasi, kegiatan unggulan dan lain sebagainya. 

Namun sebelum menilai Ia menyebutkan bahwa "keberhasilan Tanah Datar lima puluh tahun lalu hendaknya itu didapatkan kembali, walau pada masa itu mungkin masih dengan program tiga anak dan masa sekarang dengan dua anak namun hasilnya tentu sudah dapat kita rasakan sekarang," ucap Ny. Nevi.

Dan ke depan kita berharap di Kabupaten Tanah Datar, pembangunannya berwawasan kependudukan, karena jika saat ini jumlah penduduk kita lebih kurang 250 juta jiwa, 30 tahun ke depan bisa mencapai 350 juta jiwa, coba kita bayangkan jika itu tidak terkendali dan tidak produktif tentu akan menimbulkan masalah baru dan akan menghambat pembangunan daerah, katanya.

Kalau usia produktif penduduk tinggi namun tidak punya pekerjaan, tentu banyak juga bahayanya seperti pengangguran, lari ke narkoba, begal, atau menimbulkan penyakit-penyakit sosial lainnya, sebut Ny. Nevi.

Lebih lanjut katanya, "dengan program PKK KB-Kes yang juga terdapat pemberdayaan perempuan dan sesuai dengan garis keturunan di Minangkabau matrilineal dapat kita tingkatkan peran kaum perempuan dan meminimalisir angka kematian ibu melahirkan,” tutur Ny. Nevi

Sebelumnya Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah ucapkan selamat datang pada Tim Penilai dan terima kasih pada Ketua TP-PKK Prov. Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno yang telah berkenan hadir lakukan penilaian terhadap PKK Nagari Balai Tangah. Ia berharap pada tim untuk lakukan penilaian secara objektif. 

Lebih lanjut Ny. Emi menuturkan bahwa HKG KB Kes merupakan salah satu momentum dalam upaya menggerakan dan mendukung program KB dan pembangunan kesehatan dalam bentuk intensifikasi program. Melalui kegiatan ini akan diupayakan tercapainya sasaran program hingga Desember ini, katanya.

Ny. Emi juga mengharapkan seluruh sasaran program dan kegiatan harus tuntas dan sukses di tahun 2017 ini, melalui inilah upaya maksimal terobosan-terobosan dan inovasi oleh tim operasional kabupaten, kecamatan dan nagari dapat menyelesaikan dengan baik, pungkasnya. 

Sementara itu Bupati yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanah Datar Drs. Mukhlis harapkan 10 program pokok PKK benar-benar diterapkan dan bukan seremonial belaka, sehingga tujuan dan sasaran program tercapai dengan baik, ucapnya.

Menyikapi penilaian yang dilaksanakan terhadap PKK Nagari Balai Tangah saat ini yang sedang berlangsung, ia berharap ini benar-benar objektif, sehingga PKK itu dapat berkolaborasi dengan baik dan tujuannya dapat dicapai pungkasnya.

Acara dimeriahkan senam cuci tangan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Lintau Buo Utara, yel-yel keluarga sehat oleh kader PKK Kecamatan Lintau Buo Utara dan Nagari Balai Tangah.

Turut hadir ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, Kepala OPD, Camat Lintau Buo Utara Suripto, Wali Nagari Balai Tangah, Bungo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan tamu  undangan lainnya. (Irfan F). 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Foto

Video