Berita

Beri Pembekalan Wali Nagari se Tanah Datar

IRDINANSYAH INGIN BEKERJASAMA DAN SAMA BEKERJA

Minggu, 10 Desember 2017 | 07:59:57 WIB | Seputar Kecamatan
IRDINANSYAH INGIN BEKERJASAMA DAN SAMA BEKERJA

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menjadi narasumber dan memberikan pembekalan pada Diklat Peningkatan Kapasitas bagi  Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar, Jum'at malam (8/12/2017) di Balairong Campago Resort Hotel Bukittinggi.

Dalam arahannya Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan apresiasi dan kebahagiaan karena bisa bertatap muka dengan seluruh Wali Nagari. "Alhamdulillah, setelah dilaksanakan pelantikan beberapa waktu lalu, kita bisa bertemu lagi untuk sama-sama berkomitmen membangun Tanah Datar karena Walinagari jadi ujung tombaknya " sampainya.

Lebih lanjut Bupati memaparkan, visi dan misi Pemerintah Daerah tidak akan bisa sukses dilaksanakan apabila tidak ada dukungan dan sokongan Wali Nagari dan masyarakat.

"Salah satu bentuk dukungan nagari dalam mendukung visi dan misi Pemerintah Daerah adalah dengan melakukan sinkronisasi penyusunan RAPB Nagari dengan RPJMD Kabupaten, sehingga pembangunan di Nagari sinergi dengan program pemerintah kabupaten" sampainya.

Di samping itu Irdinansyah mengingatkan Wali Nagari untuk bekerja sesuai aturan dan peraturan yang berlaku. "Wali Nagari mempunyai peran dan tugas yang sangat berat, pahami Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, jangan sampai tergoda anggaran yang besar, pahami administrasi keuangan dan perkantoran sehingga SPJ jelas dan memang bisa dipertanggungjawabkan" pesan Bupati.

Irdinansyah juga berharap konsep pembangunan tetap memakai pembagian 30 dan 70 persen. "Pembagian dana 30 persen untuk pembangunan untuk pemberdayaan dan 70 persen untuk pembangunan tetap dipakai namun tentu konsep transparan dan akuntanbel juga menjadi faktor kunci lainnya dalam laksanakan pembangunan" ujarnya.

Bupati juga memaparkan 4 prioritas pembangunan Tanah Datar, yakni peningkatan SDM, Pertanian, Pariwisata dan Pembangunan Infrastruktur. "Kepada seluruh Wali Nagari mari kita bekerjasama dan sama bekerja untuk membangun Tanah Datar yang lebih baik dan sejahtera. Pemerintah Daerah akan pantau pelaksanaan pembangunan di nagari, Insya Allah kita berikan reward penambahan program pembangunan kepada nagari yang dinilai terbaik nantinya" tukas Bupati Irdinansyah.

Sementara itu Kepala Dinas PMDPPKB Adrion Nurdal menyampaikan, kegiatan pembekalan dilaksanakan agar Wali Nagari meningkat SDM dan kapasitasnya. "Seperti yang kita ketahui ada 54 Wali Nagari yang baru dilantik, sehingga dipandang perlu untuk laksanakan kegiatan ini sehingga diharapkan terjadi peningkatan kapasitasnya dalam memimpin Nagari masing-masing" ujarnya.

Adrion menambahkan, kegiatan dilaksanakan dari tanggal 4 sampai 10 Desember 2017 di Campago hotel resort Bukittinggi. "Dalam diklat ini kita menghadirkan narasumber dari Kemendagri, Kemendes, Pemprov Sumbar, Forkopimda Tanah Datar dan beberapa yang lainnya yang berkompeten, sehingga tujuan peningkatan pengetahuan dan kapasitas Wali Nagari bisa kita capai" pungkasnya. (humas-dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Foto

Video